Resenssi Film "the Lorax"



“Hingga pohon terakhir tumbang, barulah manusia akan sadar bahwa mereka tidak bisa memakan uang”

            Ungkapan itulah mungkin yang dapat menggambarkan sisi tamak manusia dalam mengeksploitasi alam. Tak jarang demi memperbanyak pundi-pundi kekayaan, mereka lupa akan kelestarian alam itu sendiri. Setidaknya hal itu pula yang tergambar pada film animasi garapan Chris Renaud yang berjudul The Lorax. Film yang diangkat dari buku cerita anak-anak tersebut sarat akan pesan moral, utamanya mengenai pentingnya menjaga lingkungan.
Film tersebut mengisahkan tentang kehidupan di suatu kota yang bernama Thneed-Ville, kota yang bertembok tinggi dan terpisah dari kota-kota lainnya tersebut dikendalikan oleh perusahaan bernama O-Hare Segala sesuatu yang berada di kota tersebut mulai dari rumah hingga pohon terbuat dari plastik, bahkan penanaman pohon di kota tersebut dilarang keras olehnya. Ketidakadaan pohon memaksa warga kota untuk membeli udara segar layaknya membeli air mineral. Selain itu O-Hare juga mampu mendoktrin warga setempat bahwa keadaan tersebut adalah keadaan terbaik dan tak perlu dirubah.Hal tersebut memang sengaja dikondisikan oleh  seorang sebab dengan begitu dia bisa memonopoli perdagangan udara segar.
Hingga suatu hari salah satu anak kecil di kota tersebut yag bernama Tedd Wigginss (Zac-Efron) mulai merasa janggal terhadap kondisi kotanya. Selain rasa penasaran, keinginan Ted tersebut juga didasari oleh obsesi Audrey (Taylor Swift) -yang juga pujaan hatinya- untuk memiliki pohon asli bukan replika seperti apa yang ada di kota mereka saat ini. Rasa penasaran tersebut akhirnya mempertemukan Ted dengan Once-Ler (Ed Helms), dari cerita Once-Ler Ted kemudian mengetahui tentang sesosok makhluk bernama The Lorax (Danny DeVito) yang konon bertekad melindungi alam ini dari kerusakan. Sayang usaha The Lorax gagal karena ulah Once-Ler, harapan satu-satunya adalah dengan menanam kembali pohon tersebut menggunakan benih terakhir yang tersisa.
            Film yang berdurasi 1,5 jam ini hampir serupa dengan beberapa film-fim  animasi sebelumnya yang mengangkat tema lingkungan seperti Wall-e ataupun Battle for Terra. film-film tersebut umumnya menampilkan karakter utama seorang anak-anak. Pesan moralnya memang tersampaikan, namun ending filmnya cenderung mudah ditebak.
Genre
:
Animasi
Tanggal Rilis
:
2 Maret 2012
Sutradara
:
Chris Renaud
Pemain
:
Danny DeVito, Zac Efron, Taylor Swift, Ed Helms, Rob Riggle, Betty White, Jenny Slate
Naskah
:
Ken Daurio, Cinco Paul
Produser
:
Chris Meledandri, John Cohen, Janet Healy
Distributor
:
Universal Pictures
Situs Resmi
:

Reply to this post

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Followers